SEKILAS INFO
: - Senin, 23-07-2018
  • 1 minggu yang lalu / Kegiatan MPLS SMA Fons Vitae 2 Marsudirini Tahun Ajaran 2018/2019: Senin 16 Juli 2018 s/d Rabu 18 Juli 2018 di SMA Fons Vitae 2 Marsudirini
  • 1 bulan yang lalu / Misa Akhir Tahun Pelajaran 2017-2018 Sekolah Marsudirini Tanjung Priok : Rabu, 6 Juni 2018 Pukul 07.30 WIB s/d selesai.
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Class Meeting SMA Fons Vitae 2 Marsudirini : 6 – 8 Juni 2018.
Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Dunia Pendidikan

Teknologi merupakan gambaran dari sebuah penemuan perangkat keras (hardware) yang menerapkan prinsip-prinsip saintifik. Secara etimologis, kata teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “technologia” yang terdiri lagi dari dua kata yaitu “techne” yang berarti keahlian dan “logia” yang berarti pengetahuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu objek yang mengacu kepada sebuah perangkat keras yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan dan aktivitas manusia seperti mesin atau perkakas. Secara luas, teknologi dapat diartikan sebagai pengertian sistem, teknik, konsep, bahkan organisasi. Konsep yang dimaksud disini adalah seputar penggunaan teknologi dan bagaimana teknologi tersebut dapat berpengaruh terhadap kemampuan manusia.

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam berbagai bidang kehidupan tidak dapat kita bendung lagi, tidak hanya di kota besar tetapi sudah merambah sampai tingkat pelosok daerah atau pedesaan.

Perkembangan dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  seperti komputer, internet, video, flash,  dan sebagainya sudah saatnya kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan dunia pendidikan di negara kita. Keberadaan berbagai media tersebut dapat berperan serta secara aktif dalam memecahkan masalah-masalah di dunia pendidikan nasional kita serta dalam upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi komunikasi dan informasi (TIK).

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Dunia Pendidikan

Kegiatan belajar mengajar diharapkan akan dapat lebih menyenangkan, menarik dan lebih efektif serta efisien apabila memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi melalui penerapan sistem pembelajaran elektronik (e-learning) yaitu metode belajar yang melibatkan alat-alat canggih seperti komputer dan internet, video, flash dan sebagainya.

Modul ataupun materi pelajaran yang ditampilakan dalam bentuk sistem pembelajaran elektronik (e-learning) akan dapat membantu dan mempermudah siswa dalam menguasai materi pelajaran sekolah.  Dengan demikian para siswa diharapkan dapat mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi Kelulusan Satuan Pendidikan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Bagi para pendidik baik guru maupun dosen, media pembelajaran elektronik (e-learning) ini dapat berfungsi sebagai alat atau media peraga, sehingga kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi lebih menyenangkan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Dunia Pendidikan, semoga dapat bermanfaat. (www.ekonomi-holic.com)

SMA FONS VITAE 2 MARSUDIRINI

NPSN : 20100614

Jl. Kramat Jaya No. I B
KEC. Koja
KAB. Jakarta Utara
PROV. DKI Jakarta
KODE POS 14270
TELEPON 021-43913561
FAX 021-43913561
EMAIL sma_fv2@yahoo.com