SEKILAS INFO
: - Selasa, 21-05-2019
  • 2 hari yang lalu / Jadwal Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap Tahun Ajaran 2018/2019: Senin, 20 Mei s/d Rabu 29 Mei 2019
  • 6 hari yang lalu / Acara Pelepasan & Perpisahan Siswa-siswi Kelas XII Tahun Ajaran 2018/2019 : Jumat, 17 Mei 2018 di Aula Marsudirini Pukul 09.00 – 14.00 WIB
  • 1 bulan yang lalu / Libur Pemilu dan Paskah: Rabu, 17 April 2019 s/d Senin, 22 April 2019.
Pelaksanaan Ujian Praktik SMA Fons Vitae 2 Marsudirini Tahun Ajaran 2018/2019

Ujian Praktik Sekolah merupakan salah satu bagian terpenting dari seluruh rangkaian Ujian Sekolah yang akan digunakan untuk menilai kompetensi peserta didik mengenai suatu mata palajaran yang diujikan secara praktik langsung yang harus disikapi secara serius oleh para peserta didik karena nilai ujian praktik punya andil dalam menentukan kelulusan.

Ujian Praktik Pendidikan Seni

Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, IPA, Agama, Penjaskes, Kewirausahaan/TIK dan Pendidkan Seni. Siswa-siswi kelas XII MIPA dan IPS SMA Fons Vitae 2 Marsudirini melaksanakan Ujian Praktik selama satu minggu (Senin, 4 Februari s/d Senin, 11 Februari 2019). Seluruh kegiatan ini dilaksanakan di komplek sekolah Marsudirini, berlangsung Pukul 07.00 WIB – Selesai.

Ujian praktik bidang studi Penjaskes dilaksanakan di lapangan sekolah dan aula serta sebagaian di ruang kelas, bidang studi eksakta IPA: Kimia, Fisika dan Biologi dilaksanakan di ruang laboratorium lantai dua, sementara itu Pendidikan Seni di ruang kelas, sedangkan ujian praktik agama Katolik di ruang Literasi.

Ujian Praktik Pendidikan Agama

Seperti dikatakan oleh Mei Wanita Simanjuntak S.Pd, bahwa saat ujian praktik laboratorium Kimia, tidak semua siswa mampu menyelesaikan sesuai harapan. Hal itu disebabkan dari kurangnya kemampuan siswa dalam menangkap teori, “Secara umum siswa kelas XII IPA yang mampu menyelesaikan ujian praktik dengan baik hanya setengahnya saja untuk mata pelajaran Kimia sedangkan untuk mata pelajaran Biologi secara umum semua siswa mampu melaksanakan unjian praktik dengan baik.”

Beberapa jenis ujian praktik cukup menyita waktu dan persiapan yang lumayan lama khususnya untuk mata pelajaran pendidikan seni, karena butuh kekompakan serta latihan koreografi yang cukup. “Ujian praktik kesenian memang butuh persiapan yang cukup, agar hasilnya memuaskan,” ucap Bapak Ignasius Roy T. Seran yang merupakan guru mata pelajaran seni.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Thesalonika Santo, Vanessa Alesandra dan Anatapindika Fong (Siswa Kelas XII MIPA) kesulitan yang mereka hadapi adalah ujian praktik berkelompok, butuh waktu yang cukup untuk berlatih sehingga bisa kompak pada saat pelaksaaan ujian praktik.

Kunjungan Pengawas Sekolah Ibu Hj. Samaryani, M.Pd

Pada saat pelaksanaan ujian praktik berlangsung Ibu Hj. Samaryani, M.Pd. selaku pengawas sekolah menyempatkan diri untuk meninjau secara langsung pelaksanaan ujian praktik didampingi Kepala Sekolah SMA Fons Vitae 2 Marsudirini Dra. Sr. M. Clarentine, OSF, MM.

Secara umum pelaksanaan ujian praktik SMA Fons Vitae 2 Marsudirini Tahun Ajaran 2018/2019 dapat berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan sebelumnya. (Emanuel Kotan)

Klik & Share:

SMA FONS VITAE 2 MARSUDIRINI

NPSN : 20100614

Jl. Kramat Jaya No. I B
KEC. Koja
KAB. Jakarta Utara
PROV. DKI Jakarta
KODE POS 14270
TELEPON 021-43913561
FAX 021-43913561
EMAIL sma_fv2@yahoo.com
error: Content is protected !!